Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Peta Kerajaan Tarumanegara

Pada artikel kali ini Sejarah Kita akan membagikan Peta Kerajaan Tarumanegara.

Sejarah Singkat Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan tertua di Indonesia yang berdiri pada abad ke-4 Masehi. Kerajaan ini berlokasi di wilayah barat Pulau Jawa, khususnya di sekitar Sungai Citarum. Kerajaan ini bercorak Hindu dan memiliki hubungan dengan India.

Kerajaan Tarumanegara didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman, seorang maharesi atau pemuka agama dari Salankayana, India. Ia datang ke Indonesia dan diterima oleh Raja Dewawarman VIII dari Kerajaan Salakanagara, yang kemudian menikahkannya dengan putrinya. Jayasingawarman kemudian menggantikan Dewawarman sebagai raja dan memindahkan ibu kota dari Salakanegara ke Tarumanegara.

Puncak kejayaan Kerajaan Tarumanegara terjadi pada masa pemerintahan Raja Purnawarman, putra Jayasingawarman. Ia berkuasa dari tahun 395 sampai 434 Masehi dan berhasil memperluas wilayah kekuasaannya hingga mencakup hampir seluruh Jawa Barat. Ia juga dikenal sebagai raja yang rajin membuat prasasti untuk mencatat peristiwa penting dalam sejarah kerajaannya.

Salah satu prasasti yang dibuat oleh Purnawarman adalah Prasasti Tugu, yang berisi tentang pembangunan saluran irigasi yang panjangnya mencapai 10 kilometer. Prasasti ini juga menyebutkan bahwa Purnawarman memiliki 1.000 ekor gajah, 400 ribu ekor kuda, dan 90 ribu orang prajurit. Prasasti lain yang dibuat oleh Purnawarman adalah Prasasti Ciaruteun, Prasasti Jambu, Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Pasir Awi, dan Prasasti Muara Cianten.

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang masih dapat dilihat hingga saat ini adalah tujuh prasasti tersebut, serta beberapa arca dan candi yang tersebar di wilayah Jawa Barat. Arca-arca yang berasal dari Kerajaan Tarumanegara antara lain adalah Arca Ganesha di Cibuaya, Arca Durga Mahisasuramardini di Lebak Sibedug, Arca Wisnu Cibuaya di Cibuaya, dan Arca Hariti di Karawang. Candi-candi yang berasal dari Kerajaan Tarumanegara antara lain adalah Candi Jiwa di Batujaya dan Candi Blandongan di Bekasi.

Kerajaan Tarumanegara mengalami kemunduran pada abad ke-7 Masehi akibat serangan dari Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan ini kemudian terpecah menjadi beberapa kerajaan kecil yang saling bersaing, seperti Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh.

Letak Kerajaan Tarumanegara

Letak kerajaan Tarumanegara berada di wilayah Jawa Barat, di antara sungai Citarum dan Cisadane. Ibu kota kerajaan ini adalah Sundapura, yang sekarang diperkirakan berada di daerah Bekasi. 

Wilayah kekuasaan kerajaan ini meliputi hampir seluruh Jawa Barat dan Banten.

Peta Kerajaan Tarumanegara

Peta Kerajaan Tarumanegara


Posting Komentar untuk "Peta Kerajaan Tarumanegara"