Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kehidupan Ekonomi, Sosial Budaya dan Politik Kerajaan Pajang



Kehidupan Ekonomi, Sosial Budaya dan Politik Kerajaan Pajang

Kehidupan Ekonomi Kerajaan Pajang

Pada masa kekuasaan Kerajaan Pajang, Sultan Hadiwijaya memindahkan wilayah kekuasaannya dari pesisir ke daerah pedalaman yaitu di daerah Pajang. 

Peralihan pusat kekuasaan ini menyebabkan berubahnya corak kehidupan masyarakatnya dari maritim menjadi agraris.

Masyarakat Kerajaan Pajang mengandalkan pada sektor pertanian hal ini ditunjang dengan keadaan tanah di Kerajaan Pajang sangat subur.

Wilayah ini merupakan triple junction antara kali Pepe, kali Dengkeng dan sungai Bengawan Solo. Kali Pepe dan kali Dengkeng memiliki muara mata air dari Merapi, sedangkan sungai Bengawan Solo memiliki muara mata air yang berasal dari Gunung Lawu.

Dengan demikian, Kerajaan Pajang mengalami kemajuan di bidang pertanian. Bahkan sempat menjadi lumbung beras selama abad ke- 16 sampai 17. Irigasi persawahan berjalan lancar dan cukup untuk satu tahun berkat aliran air dari kali Pepe, kali Dengkeng, dan sungai Bengawan Solo sehingga hasil pertanian di Pajang melimpah (Dede Maulana, 2015: 37).

Namun, masyarakat Pajang memiliki kelemahan dalam bidang perdagangan sebab letak Kerajaan Pajang yang berada di pedalaman serta masyarakat Pajang yang kurang menguasai perdagangan yang berbasis laut. Padahal saat itu perdagangan di laut sedang populer, Kerajaan Pajang menjadi tertinggal dengan kerajaan lain di bidang ekonomi perdagangan.

Hal ini membuat perekonomian Pajang sedikit berantakan tetapi Hadiwijaya mengatasi hal itu dengan pengembangan komoditas seni-budaya yang sosfistikasi, dapat dilihat dari adanya kampung batik laweyan.

Kehidupan Sosial Budaya Kerajaan Pajang

Kerajaan Pajang merupakan kerajaan islam yang masih menganut beberapa tradisi hindu dan jawa. Penduduk Pajang kala itu juga tetap melakukan tradisi-tradisi yang sudah ada sejak zaman nenek moyang mereka.

Akulturasi budaya yang terjadi antara agama islam dengan hindu pun sangat terlihat. Salah satunya dapat dilihat pada bentuk arsitektur Masjid Laweyan yang mirip dengan bentuk Kelenteng Jawa.

Masjid ini mendapat pengaruh yang kuat dari kebudayaan hindu-jawa. Letak masjid yang berada di atas bahu jalan merupakan salah satu ciri dari pura hindu. Memang dulunya Masjid Laweyan adalah bekas pura hindu yang dipimpin seorang biksu, namun seiring dengan banyak masyarakat yang memeluk islam lalu oleh Sultan Hadiwijaya bangunan tersebut diubah menjadi masjid (Dede Maulana, 2015: 40).

Dalam kehidupan agamanya, ajaran Islam Kejawen berkembang pesat di Kerajaan Pajang. Sultan Hadiwijaya membuka kesempatan untuk masuknya aliran Islam Kejawen yang sebelumnya dilarang di Kerajaan Demak.

Kerajaan Pajang merupakan kerajaan Islam, namun corak yang berkembang berbeda, aliran tauhid murni bergeser ke pinggir. Sedangkan penganut kejawen mulai mendapatkan tempatnya disini. Penyebabnya adalah Sultan Hadiwijaya, selaku raja di Kerajaan Pajang merupakan panata gama Khalifatullah tanah Jawa yang menganut Manunggaling Kawula Gusti.

Sultan Hadiwijaya secara tegas menyatakan bahwa Ki Ageng Tingkir sebagai gurunya, adalah pengikut ajaran Syekh Siti Jenar. Demikian juga, Ki Ageng Pemanahan, yang nantinya akan mendirikan Kerajaan Mataram adalah penganut Manunggaling Kawula Gusii, menurut paham itu Tuhan bersemayam dalam diri manusia hakikatnya berasal dari Tuhan.

Manusia hanyalah gambaran nyata dari Tuhan Yang Maha Ghaib, pencipta alam semesta. Ajaran Islam yang diajarkan oleh Syekh Siti Jenar ini melahirkan juga ajaran yang ditulis, berupa suluk dan primbon.

Masyarakat pedalaman masih menerima agama islam hanya untuk  abon – aboning ngaurip atau sebagai kelengkapan hidup saja. Aliran ini dihidupkan kembali sejak kekuasaan Pajang hingga Mataram.

Kerajaan Pajang masih bernuansa islam namun adat istiadat masih dipertahankan. Seperti adat walon, yakni tata krama yang diberikan sejak kecil.

Pendidikan kasatupan, pendidikan pribadi yang ditempuh dengan melalui cara tertentu meliputi ngelmu jaya kawijayan yaitu pendidikan yang tujuannya untuk mendapat kesaktian dengan bertapa, berpuasa dan berpantang.

Lalu ada ngelmu pengawikan, yakni pendidikan yang tujuannya untuk menguasai berbagai ilmu seperti ilmu tentan atau menjinakkan binatang dan benda pusaka.

Ada juga ngelmu kasantikan, yakni, pendidikan yang tujuannya untuk memiliki kebijaksanaan dan kesempurnan hidup. Demikianlah ajaran Islam Kejawen berkembang di Kesultanan Hadiwijaya (Laili Affidah, 2011: 60&71).

Kehidupan Politik Kerajaan Pajang

Kerajaan Pajang merupakan kerajaan yang berpusat di Jawa Tengah sebagai lanjutan dari Kerajaan Demak.

Raja pertamanya bernama Jaka Tingkir yang bergelar Sultan Hadiwijaya mewarisi Demak karena faktor politik serta berdasarkan garis keturunan yang masih memiliki darah dari raja Majapahit.

Selain itu, Sultan Hadiwijaya juga merupakan menantu dari Sultan Trenggono raja ke-3 Demak. Pada awal berdirinya tahun 1549, kekuasaan Kerajaan Pajang hanya Jawa Tengah saja karena di Jawa Timur sudah banyak wilayah yang melepaskan diri sejak Sultan Trenggono meninggal.

Sultan Hadiwijaya dan Adipati Jawa Timut dipertemukan oleh Sunan Prapen di Giri Kedaton pada tahun 1568. Dalam pertemuan itu, para adipati sepakat untuk mengakui kedaulatan Kerajaan Pajang atas wilayah di Jawa Timur.

Lantas Panji Wiryakama dinikahkan dengan putri Sultan Hadiwijaya sebagai ikatan politik. Sultan Hadiwijaya semakin memperluas wilayah kekuasaannya, ia berhasil menguasai Madura.

Pemimpinnya yang bernama Raden Pratanu atau Panembahan Lemah Dhuwur juga dijadikan menantu oleh Hadiwijaya (Laili Affidah, 2011: 50).

Setelah sepeninggal Sultan Hadiwijaya pada 1587, Kerajaan Pajang digantikan oleh Arya Pengiri anak dari Sunan Prawoto, sultan Demak yang terbunuh akibat konflik dengan Arya Penangsang.

Tetapi kepemimpinan Arya Pengiri tidak terlalu bijaksana, ia disibukkan dengan balas dendam dan ingin melakukan penaklukan terhadap Mataram sehingga kesejahteraan rakyat terabaikan.

Hal ini membuat Pangeran Benawa, putra dari Sultan Hadiwijaya yang berada di Jipang merasa prihatin. Pangeran Benawa juga merasa tidak puas karena berada di lingkungan asing yaitu Jipang padahal ia seharusnya menjadi putra mahkota di Kerajaan Pajang.

Ia lalu bersekutu dengan Sutawijaya, penguasa Mataram untuk menyerbu Pajang, terjadi pertempuran singkat antara kerajaan pajang dengan mataram dan jipang. Lalu, Arya Pengiri kalah dan kekuasaan Pajang beralih kepada Pangeran Benawa yang dalam memerintah didampingi oleh Sutawijaya.

Pemerintahan Benawa hanya berlangsung sekitar satu tahun saja, setelah itu ia wafat atau menurut cerita tutur lain ia meninggalkan Pajang untuk membaktian diri pada agama di Parakan (De Graaf, 1985: 212-213).

Setelah kepemimpinan Benawa, tidak ada putra mahkota yang menggantikannya sehingga Pajang berangsur-angsur menjadi wilayah bawahan Mataram yang saat itu kekuasaannya sudah cukup kuat (Alifah, 2010: 95).

Setelah Kerajaan Pajang menjadi bawahan Kerajaan Mataram. Pajang diperintah oleh bupati yaitu Gagak Bening  dan Pangeran Benawa II. Setelah pemerintahan Pangeran Benawa, Pajang diperintah oleh Gagak Bening yang merupakan seorang Pangeran Mataram adik dari Sutawijaya. Dalam pemerintahanya ia melakukan banyak perombakan dan perluasan istana.

Selanjutnya, pemerintahan digantikan oleh Pangeran Benawa II yang merupakan cucu dari Sultan Hadiwijaya.

Posting Komentar untuk "Kehidupan Ekonomi, Sosial Budaya dan Politik Kerajaan Pajang"