Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sejarah Lato-lato, Mainan yang Viral Dulu Senjata di Argentina



Sejarah Lato-lato, Mainan yang Viral Dulu Senjata di Argentina - Lato-lato merupakan sebuah mainan berbentuk dua bola yang dihubungkan tali dan kemudian dimainkan dengan berbagai gaya.

Lato-lato saat ini menjadi mainan yang viral di Indonesia, terutama pada musim liburan ini banyak anak-anak di Indonesia memainkan lato-lato.

Viralnya lato-lato di Indonesia juga tidak terlepas dari pengaruh media sosial, misalnya saja Tiktok.

Di Tiktok banyak video FYP yang memainkan lato-lato, dan kemudian menjadi viral.

Dari situlah Lato-lato menjadi viral dan banyak orang baik anak-anak, remaja, dewasa di Indonesia yang memainkan lato-lato.

Namun, pernahkah kamu mengetahui sebelumnya ternyata lato-lato yang viral di Indonesia itu dulunya merupakan senjata di Argentina, yakni bernama Boleadoras.

Boleadoras adalah alat yang terdiri dari beberapa bola yang diikat bersama dengan tali atau rantai. Boleadoras digunakan untuk memburu atau menangkap hewan di Amerika Selatan. 

Boleadoras juga digunakan dalam acara olahraga dan pertunjukan, terutama di Argentina.

Sejarah boleadoras berasal dari Amerika Selatan, terutama di Argentina, Chile, dan Uruguay.

Boleadoras pertama kali digunakan oleh masyarakat indigenus di daerah tersebut sebagai alat memburu dan menangkap hewan. 

Boleadoras juga digunakan dalam acara olahraga dan pertunjukan, terutama di Argentina, di mana acara ini disebut "boleo" atau "boleadoras". 

Boleadoras juga digunakan dalam acara pertunjukan di seluruh dunia, di mana orang-orang yang terlatih menggunakan boleadoras untuk menunjukkan keahlian mereka dalam menangkap bola atau benda lain dengan boleadoras.

Ilustrasi Boleadoras. Gambar: Istimewa


Menurut sumber lain Boleadoras, juga dikenal sebagai bolas, adalah senjata tradisional Amerika Selatan yang terdiri dari tiga bola berbobot yang terhubung ke tali. 

Mereka awalnya digunakan oleh penduduk asli untuk berburu dan kemudian diadopsi oleh gauchos, atau koboi Amerika Selatan, untuk menggembalakan dan memelihara ternak. 

Bola biasanya terbuat dari batu atau logam dan melekat pada tali atau tali kulit. Boleadoras dilemparkan ke kaki binatang, menjerat mereka dan membuatnya sulit bagi hewan untuk bergerak.

Untuk menggunakan boleadoras, pengguna memegang satu bola di masing-masing tangan dan mengayunkan bola ketiga di sekitar kepala mereka, melepaskannya ke arah target. 

Bola dirancang untuk membungkus kaki target dan menjeratnya, sehingga sulit bagi hewan untuk berlari atau melarikan diri. Boleadoras juga dapat digunakan untuk pertahanan diri melawan penyerang manusia.

Di zaman modern ini banyak orang yang terinspirasi dari Boleadoras yang kemudian dibuat menjadi mainan yang aman dan mudah digunakan disebut dengan Lato-lato.

*Diolah dari beberapa sumber.




Posting Komentar untuk "Sejarah Lato-lato, Mainan yang Viral Dulu Senjata di Argentina"