Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Asal-Usul Penduduk dan Suku-suku di Amerika

Suku Aztec. Foto: Pinterest.com


Asal-Usul Penduduk dan Suku-suku di AmerikaPenduduk Amerika merupakan para migran dari Asia sekitar ±20.000-10.000 SM. 

Pendapat Johnathan Norton Leonard, penduduk asli Benua Amerika berasal dari Mongol kemudian pindah secara bertahap dari generasi ke generasi yang melakukan migrasi melalui Pasifik (pada zaman glasial muncul daratan) melalui jalur utara yaitu Siberia, kemudian Selat Bering, dan lalu ke Alaska dan Kanada. 

Selanjutnya, mereka ke selatan di Amerika Serikat dan ada juga yang ke selatan lagi menuju Meksiko dan Amerika Selatan. 

Walaupun dari Asia, penduduk Amerika Utara dan Selatan memiliki ciri fisik yang berbeda, ini dikarenakan proses adaptasi, perubahan genetika dari perkawinan, dan perbedaan iklim. 

Wilayah Amerika Utara yang dingin membuat warna kulit penduduknya masih kekuning-kuningan. Sedangkan wilayah selatan semakin hilang ciri khas Mongol-nya karena iklim yang lebih panas, dan membuat warna kulit menjadi lebih gelap.

Kemudian pendapat selanjutnya dari Muh. Yamin yang menganggap asal-usul penduduk asli Amerika berasal dari tiga gelombang migrasi. 

Gelombang pertama adalah orang-orang Austronesia yang juga melalui jalur utara (Selat Bering) kemudian berkembang di Amerika sama dengan pendapat Johnathan N. Leonard. 

Gelombang kedua yaitu orang-orang Austronesia yang sudah merujuk pada orang Indonesia dengan melalui jalur utara melalui jalur yang sama dan berkembang di Amerika Tengah. Terakhir, ketiga gelombang migrasi orang Indonesia melalui jalur selatan menuju Australia, Selandia Baru, Pasifik, kemudian berkembang di Amerika Selatan.

Pendapat selanjutnya dari Hidayat Mukmin, penduduk asli Amerika berasal dari Asia Tenggara, terutama orang-orang Austronesia. 

Mereka juga melalui jalur utara melewati Selat Bering dan Alaska dan berkembang di Amerika Utara dan Tengah. 

Kemudian pendapat terakhir orang Amerika berasal dari Siberia. Mereka ke Selat Bering kemudian Alaska dan berkembang di Amerika.

Suku-suku yang berkembang di Amerika

Migrasi penduduk di atas kemudian menghasilkan peradaban-peradaban kuno di Amerika, yang menjadi sekian banyak suku. Namun terdapat suku-suku besar di Amerika, yang terdiri sebagai berikut.

  1. Indian dan Eskimo di Kanada dan Amerika.
  2. Olmek (peradaban pertama di Meksiko), Teotihuakan, Huastek, Mistek, Zapotek, Totonak, Chichimek, Toltek, dan Aztek (ditaklukkan Spanyol yang dipimpin Hernando Cort├ęs) di Meksiko.
  3. Arawak dan Karib di Kepulauan Karibia atau India Barat (Christopher Columbus yang menganggap Karibia sebagai India)
  4. Maya di Amerika Tengah
  5. Cavin, Parakas, Nascam Mochika, Chimnu, Inka (ditaklukkan Spanyol di bawah Francisco Pizarro) di Peru
  6. Chibcha di Kolombia
  7. Aurakania di Chili
  8. Patagonia di Argentina

Namun yang memiliki pengaruh besar dalam peradaban Amerika kuno adalah Suku Maya, Aztek, dan Inka.


Posting Komentar untuk "Asal-Usul Penduduk dan Suku-suku di Amerika"