Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

16 April dalam Sejarah, Berikut Daftaranya

 


16 April dalam Sejarah - Ada berbagai catatan sejarah dan peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 16 April dari tahun ke tahun.

Selain terjadi dari dalam negeri, ada banyak catatan sejarah yang terjadi di berbagai negara lainnya.

Salah satunya adalah Pertempuran Culloden, Pertempuran Culloden terjadi pada tanggal 16 April 1746 di dekat Inverness, Skotlandia. Pertempuran ini merupakan pertempuran terakhir dalam pemberontakan Jacobite Skotlandia yang dipimpin oleh Charles Edward Stuart, juga dikenal sebagai Bonnie Prince Charlie.

Pasukan Jacobite yang terdiri dari banyak orang Skotlandia yang ingin menggulingkan pemerintahan Inggris dan mengembalikan dinasti Stuart ke takhta, menghadapi pasukan Inggris yang jauh lebih besar dan lebih terlatih di bawah kepemimpinan Duke of Cumberland.

Meskipun pasukan Jacobite berhasil menembus barisan Inggris dan mencapai posisi yang baik di awal pertempuran, mereka akhirnya dikalahkan oleh serangan balik pasukan Inggris. Banyak orang Skotlandia tewas atau ditangkap setelah pertempuran, sedangkan Bonnie Prince Charlie melarikan diri ke Prancis.

Pertempuran Culloden sangat menentukan bagi sejarah Skotlandia dan Inggris. Setelah pertempuran, pemerintah Inggris memperketat kendali mereka atas Skotlandia dan melarang banyak aspek budaya Skotlandia seperti bahasa Gaelik dan pakaian tradisional. Pemberontakan Jacobite juga dianggap sebagai awal dari gerakan nasionalis Skotlandia yang terus berkembang hingga saat ini.

Berikut adalah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 16 April dalam sejarah:

1. 1746 - Pertempuran Culloden: pasukan Inggris yang dipimpin oleh Duke of Cumberland mengalahkan pasukan Jacobite Skotlandia di dekat Inverness, Skotlandia.

2. 1862 - Perang Saudara Amerika: dalam Pertempuran Pulau Pit, pasukan Union berhasil mengalahkan pasukan Konfederasi di Pulau Pulaski, Georgia.

3. 1912 - Kapal Titanic tenggelam setelah menabrak gunung es di Atlantik Utara. Tragedi ini menewaskan sekitar 1.500 orang.

4. 1943 - Perang Dunia II: Pemberontakan Warsawa dimulai ketika pasukan Polandia bawah tanah memulai serangan terhadap pasukan Jerman Nazi di Warsawa, Polandia.

5. 1963 - Dr. Martin Luther King Jr. menulis surat dari Penjara Birmingham, Alabama, yang menyerukan keadilan rasial dan non-kekerasan dalam perjuangan hak-hak sipil.

6. 1995 - Serangan bom Oklahoma City: sebuah truk yang dipenuhi dengan bahan peledak meledak di depan gedung Alfred P. Murrah Federal Building di Oklahoma City, Oklahoma, menewaskan 168 orang dan melukai lebih dari 600 lainnya.

7. 2012 - momen awal pelaksanaan Ujian Nasional SMA/SMK/MA tahun ajaran 2011/2012 di Indonesia.

Itulah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 16 April dalam sejarah.

Posting Komentar untuk "16 April dalam Sejarah, Berikut Daftaranya"