Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jenis dan Sumber Sejarah



Pengertian sumber sejarah di sini sejarah merupakan peristiwa yang terjadi pada masa lalu, sehingga dalam merekonstruksinya membutuhkan sumber sejarah.

Sumber sejarah adalah bahan-bahan yang dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang peristiwa yang terjadi pada masa lampau. 

Sumber sejarah pada dasarnya adalah sesuatu yang memberitahu kita tentang sejarah atau peristiwa di masa lampau atau sumber sejarah dapat dikatakan sebagai data sejarah karena data yang ada di gunakan sebagai acuan untuk menyusun kembali peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Dalam penelitian sejarah untuk pengumpulan sumber ini pada tahap heuristik

Selanjutnya adalah sumber sejarah berdasarkan sifatnya sumber sejarah dibagi menjadi tiga yakni sumber primer, sumber sekunder, dan sumber tersier.

Sumber sejarah berdasarkan sifatnya:

Sumber Primer

sumber primer merupakan sumber yang dihasilkan atau ditulis oleh pihak-pihak yang terlibat atau menjadi saksi mata dalam peristiwa sejarah. 

Contohnya tokoh yang terlibat dalam sejarah seperti Soekarno terlibat dalam peristiwa proklamasi itu bisa digunakan sebagai sumber primer.

Kemudian ada peninggalan seperti candi dan prasasti.

Sumber Sekunder

Sumber sekunder adalah sumber dari seseorang yang tidak secara langsung terlibat dalam peristiwa sejarah.

Kemudian sumber sekunder ini memberikan informasi yang berasal dari data primer yang sudah direkonstruksi atau ditafsirkan.

 Sumber Tersier

Sumber tersier adalah buku-buku sejarah berdasarkan laporan penelitian ahli sejarah yang biasanya penulisnya tidak melakukan penelitian langsung mengenai topik sejarah yang dibahas.

Sumber primer ini adalah sumber dari orang pertama, sumber sekunder dari orang kedua, dan sumber tersier adalah peneliti yang tidak secara langsung terlibat dalam peristiwa sejarah.

Sumber sejarah berdasarkan bentuknya:

Sumber Tertulis

Sumber tertulis adalah sumber yang yang berupa tulisan atau catatan, contohnya prasasti dokumen piagam naskah surat kabar dan laporan.

Sumber Lisan

Sumber lisan adalah keterangan langsung dari orang-orang yang mengalami peristiwa sejarah bisa digunakan untuk sumber primer. 

Misalnya saja wawancara ini merupakan gambar wawancara dari Presiden Soekarno dengan Cindy Adams.

Sumber Benda

Sumber benda adalah sumber yang berasal dari peninggalan-peninggalan sejarah berupa benda-benda kebudayaan.

Contohnya, bangunan senjata perdagangan dari batu patung perhiasan dan Candi ini merupakan Candi Sukuh diperkirakan merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit yang

Sumber Audio, Visual, dan Audiovisual

Sumber audio berupa rekaman suara, sedangkan visual itu gambar, misalnya saja foto kemudian sumber audiovisual misalnya film dokumenter. []


Posting Komentar untuk "Jenis dan Sumber Sejarah"