Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek geografi adalah



Unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek geografi adalah

A. waktu

B. ruang

C. tempat

D. manusia

E. wilayah

Jawaban

Jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan Unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek geografi adalah B. ruang

Pembahasan

Unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek geografi

Secara singkat, unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek geografis adalah ruang atau lokasi, dimana tempat atau wilayah tersebut memiliki aspek-aspek geografis yang menjadi lokasi berlangsungnya suatu peristiwa sejarah dalam kurun waktu tertentu. 

Ruang merupakan salah satu dari tiga unsur sejarah yang penting, bersama manusia dan waktu.

Selain itu, aspek geografis juga memiliki peran penting dalam sejarah dalam hal pengaruh wilayah tersebut terhadap perkembangan peradaban, ekonomi, politik, dan kebudayaan. 

Hal ini dapat dilihat dari sejarah perkembangan peradaban di wilayah yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah, seperti di Mesopotamia dan sungai Nil, atau dari sejarah perkembangan ekonomi di wilayah yang memiliki akses ke laut seperti di wilayah pesisir.

Selain itu, aspek geografis juga memiliki peran dalam pertempuran dan perang. Wilayah yang strategis dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kemenangan atau kekalahan dalam pertempuran. 

Sejarah pertempuran di wilayah berbukit atau di wilayah yang sulit dijangkau akan berbeda dengan pertempuran di wilayah datar.

Dalam sejarah, aspek geografis juga memiliki peran dalam perdagangan dan eksplorasi. 

Wilayah yang memiliki akses ke laut atau sungai akan memiliki keuntungan dalam perdagangan, sementara wilayah yang memiliki iklim yang tidak cocok untuk pertanian akan cenderung lebih tergantung pada eksplorasi sumber daya alam.

Secara keseluruhan, aspek geografis memiliki peran penting dalam sejarah dan dapat mempengaruhi perkembangan peradaban, ekonomi, politik, kebudayaan, pertempuran, dan perdagangan.

Sumber

Ali, R. M. (2005). Pengantar ilmu sejarah Indonesia. LKiS Pelangi Aksara.

Rahmat, R. (2015). Pengantar ilmu sejarah.


Posting Komentar untuk "Unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek geografi adalah"