Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Biografi Singkat Hasan Al-Banna



Biografi Singkat Hasan Al-Banna - Hassan Al-Banna lahir pada tahun 1906 di Mahmudiyya, sebuah desa di utara Kairo, Mesir. 

Ayahnya Ahmad bin Abd al-Rahman al-Banna adalah lulusan Al-Azhar, Imam untuk masjid setempat dan tukang reparasi jam tangan. 

Hassan Al-Banna tumbuh dalam lingkungan intelektual yang mendukung gaya hidup Islam yang ketat. Dia sangat dipengaruhi oleh pengabdian ayahnya untuk belajar dan mengajar.

Pada usia tiga belas tahun Banna sudah terlibat dalam pemogokan aktif dan demonstrasi melawan otoritas Inggris di Mesir

Dia mendukung asosiasi mahasiswa religius yang berdedikasi untuk menegakkan standar Islam tentang perilaku moral; selain itu dia menentang kegiatan misionaris Kristen serta segala sesuatu yang dianggap tidak Islami. Ia bergabung dengan Hasafiyya Frater tarekat Sufi pada usia tiga belas tahun. 

Pada usia tujuh belas tahun, Banna memutuskan untuk mendaftar di kolase guru di Dar al-Ulum, Kairo. Setelah empat tahun belajar, Banna lulus pada tahun 1927, dengan lebih dari 18.000 puisi yang dihafal dan segera mulai mengajar sebagai instruktur bahasa Arab di Isma'iliyya di Zona Terusan Suez.

Sejak usia dini Banna terus-menerus terganggu oleh masalah ummat Islam dan mencari solusi yang akan mengakhiri hak pilih. 

Dia sangat terganggu oleh menurunnya moral Islam dalam masyarakat Mesir dan perpecahan umat Islam. 

Banna sangat kecewa dengan berakhirnya Kekhalifahan di Turki dan menyalahkan pengaruh Barat. Jadi sebagian besar jika ide-idenya berpusat pada persatuan ummat di bawah satu negara.

Hasan Al-Banna mengembangkan sebagian besar idenya di awal hidupnya. 

Dia sangat dipengaruhi oleh Rashid Rida dan seorang pembaca yang berdedikasi dan pengikut majalah Rida, Al-Manar. Seperti Rashid Rida, ia berargumen tentang kemunduran Islam di Timur Tengah.

Hasan Al-Banna sangat kecewa dengan kebangkitan sekularisme, westernisasi masyarakat Mesir dan rusaknya moral Islam tradisional di Mesir yang dikuasai Inggris.

Banna tertarik pada aspek xenophobia Islam yang memusuhi pengaruh Barat, sekularisme, dan materialisme. 

Hasan Al-Banna berencana mengembangkan komunitas dengan kembali ke nilai-nilai Islam kuno dan tradisional. 

Visinya meliputi praktik lengkap hukum syariah, pengenaan aturan berpakaian islami, larangan alkohol dan prostitusi serta reorganisasi sedekah. Kekhawatiran terbesarnya adalah sistem perbankan dan masalah bunga, reorganisasi bank sesuai dengan syariat Islam.

Ikhwanul Muslimin

Hasan Al-Banna membentuk Ikhwanul Muslimin pada tahun 1928, sebagai tanggapan dan protes terhadap kemunduran Islam. 

Ia berpendapat bahwa kemunduran Islam disebabkan oleh ajaran para ulama yang tidak efektif dan kegagalan mereka untuk melestarikan Islam dalam keadaan paling murni. Ihkwan mencakup aspek politik dan sosial. Banna Ikhwan adalah gerakan salafi, termasuk dalam aliran Sunni, berbentuk organisasi politik dan ide sosial.

Banna memulai organisasi sebagai klub pemuda dengan berkhotbah di kedai kopi. Persaudaraan mendapatkan banyak popularitas pada tahun 1930-an dan memperluas kegiatannya di sekitar Mesir. 

Ia mendirikan cabang di seluruh Mesir dan membentuk kantor pusat di Kairo. Pada tahun 1936 Ikhwan memiliki sekitar 800 anggota, dan pada tahun 1938 memiliki lebih dari 200.000 anggota dengan 50 cabang di Mesir. Ikhwanul Muslimin juga membuka cabang di Palestina dan Yordania. 

Organisasi ini mendirikan masjid, sekolah, pabrik, dan program bantuan finansial. Pada akhir 1930-an gerakan ini membentang di seluruh Timur Tengah dan memiliki lebih dari setengah juta anggota aktif.

Dalam waktu kurang dari dua puluh tahun Ikhwanul Muslimin menjadi entitas politik yang sangat besar. Banna berusaha mencalonkan diri sebagai anggota parlemen dua kali namun dia ditekan untuk mundur dalam kedua upaya tersebut. 

Selama pemilu 1942, pemerintah sepakat untuk mengambil tindakan terhadap konsumsi alkohol dan prostitusi setelah Banna menarik diri dari pemilu.

Hasan Al-Banna dengan pertumbuhan organisasi membuka cabang Jihadis baru di dalam Ikhwanul Muslimin; El-Nizam el-Hass. Cabang baru ini didirikan pada tahun 1940 untuk membela umat Islam melawan gerakan Zionis di Palestina serta pendudukan Inggris di Terusan Suez. 

Cabang baru ini dikembangkan di bawah tanah untuk melatih tentara jihad. Selama Pemberontakan Arab di Palestina, Banna mengirim pasukan ke Yerusalem untuk berperang melawan orang Yahudi.

Ikhwanul Muslimin secara aktif terlibat dalam konflik Islam seperti Perang Kemerdekaan Aljazair, serta konflik baru-baru ini di Afghanistan, Kashmir dan Arab Spring.

Warisan

Banna sepanjang hidupnya berjuang untuk dua hal; kesatuan ummat dan kemerdekaan negeri Muslim dari otoritas asing. 

Meningkatnya dukungan untuk Ikhwanul Muslimin adalah ancaman bagi Khedive Farouk dan Inggris. Kedua kekuatan itu secara khusus diganggu oleh cabang Jihadis Ikhwan di Palestina, karena mereka merupakan ancaman besar bagi menurunnya popularitas pemerintah Mesir. 

Perdana Menteri Mahmoud an-Nukrashi,  membubarkan organisasi itu pada Desember 1948, menyita dana tersebut dan memenjarakan sebagian besar anggotanya. 

Dua puluh hari kemudian Nukrashi Pasha ditembak oleh seorang anggota Ikhwanul Muslimin. 

Banna segera menyatakan bahwa organisasi itu tidak berada di balik tindakan pembunuhan dan orang yang melakukan kejahatan itu adalah "bukan saudara atau Muslim".  Pada 12 Februari 1949 Banna ditembak oleh dua pembunuh dan sengaja dibiarkan mati kehabisan darah. 

Banyak yang berharap kematian Banna akan memecah belah organisasi dan mengakhiri perlawanan Ikhwan. Organisasi ini dilarang selama lebih dari enam puluh tahun selama periode ini; Persaudaraan berkembang baik secara politik maupun sosial.


Posting Komentar untuk "Biografi Singkat Hasan Al-Banna"